Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi - Cara mengatasi masalah diare pada bayi yang berusia 1, 2, 3 , 4 bulan dan seterusnya sebenarnya tidak terlalu berbeda satu sama lain. Masalah diare yang terjadi pada bayi ini sebaiknya untuk segera diatasi dengan cepat dan tepat, karena kondisi seperti ini akan sangat berbahaya untuk bayi, dan bahkan jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kematian.
Mengatasi diare pada bayi usia 1 bulan
Pada umumnya diare yang terjadi pada bayi usia satu bulan, bisa disebabkan karena bakteri Shigella, Salmonella, E.Coli, Campylobcater, dan Staphylococcus. Gejalanya tidak hanya diare dengan frekuunsi BAB yang sering berulang kali saja, namun juga bisa membuat perut menjadi kembung, sering buang angin, kram darah dalam tinja dan juga bisa disertai dengan muntah. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi masalah diare pada bayi 1 bulan.
Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Pastikan cairan dan ASI cukup untuk bayi
Jika bayi mengalami muntah – muntah, bunda bisa secara terus memberikan ASI atau susu formula untuk bayi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada bayi. Jika bayi mengkonsumsi susu formula, sebaiknya usahakan susu dituang lebih encer dari biasanya. Suatu alergi yang disebabkan oleh susu formula ini bisa juga menyebabkan diare.
Memperhatikan asupan makanan
sebaiknya hindari makanan atau pun minuman yang dapat membuat diare pada bayi semakin buruk, jika si kecil masih tergantung ASI. Bunda bisa menghindari berbagai macam makanan seperti pisang, roti kering manis, saus apel, minuman soda, air gula dan jus buah yang mengandung tinggi gula dan banyak kandungan air yang dapat menarik kedalam usus dan menjadi penyebab diare menjadi semakin buruk. Selain itu sebagai bunda, juga disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, sereal, sayur dan buah – buahan.
Mengatasi diare pada bayi usia 1 tahun
Untuk mengatasi masalah diare pada bayi umur 1 tahun keatas, memang sedikit berbeda penanganannya. Hal ini dikarenakan pola makan bayi yang terkadang sudah mengkonsumsi berbagai macam makanan seperti bubur nasi dan tidak lagi bergantung hanya pada ASI.
Memberikan oralit
Untuk bayi umur satu tahun, masih bisa ditangai dengan diberikan air larutan garam dan larutan gula. Caranya cukup mudah, hanya dengan satu sendok teh gula pasir, seperempat sendok teh garam dapur dan satu gelas air panas. Kemudian aduk semua bahan dan berikan pada bayi.
Memberika larutan air tajin
Caranya cukup mudah, hanya dengan menyiapkan 6 sendok makan atau sekitar 100 gram tepung beras, 1 sendok teh garam dapur dan 2 liter air. Setelah semuanya sudah siap, kamu bisa merebus bahan tersebut menjadi satu sampai menjadi larutan garam tajin.  Bunda bisa memberikan obat diare ini pada bayi.


Disclaimer: All images, designs or videos in this page are copyright of their respective owners. We don't own have these images / designs / videos. We collect them from search engine and other sources to be used as ideas for you. No copyright infringement is intended. If you have reason to believe that one of our content is violating your copyrights, please do not any legal action. You can contact us directly to be credited or have the item removed from the site. Thank You.


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top