5 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung

5 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung

5 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung – Organ jantung merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh kita. Organ ini berbentuk kerucut otot berongga, seukuran kepalan tangan, yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan dan kiri serta bilik kanan dan kiri. Dan ini mungkin telah banyak dipahami oleh Pembaca Setia Artikel Kesehatan.
Pada sisi kiri jantung memompa darah beroksigen ke aorta dan ke seluruh bagian tubuh. Sisi kanan menerima darah terdeoksigenasi dari vena cava dan memompanya ke dalam arteri pulmonalis. Cara kerja inilah yang mempengaruhi detak jantung. Sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi detak jantung antara lain adalah emosi, olahraga, hormon, suhu, nyeri dan stres.


Renang - 5 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Oleh karenanya agar kerja jantung bisa normal dalam mengatur dan menyuplai oksigen dalam darah, serta agar detak jantungnya pun demikian, maka upaya menjaga kesehatan jantung menjadi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Agar jantung kita sehat, tentu kita harus melakukan usaha seperti menjalankan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya untuk jantung.
Selain itu, berolahraga juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut adalah 5 jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang bisa kita lakukan dan sebaiknya dilaksanakan dengan teratur agar hasilnya dapat optimal, antara lain:
1. Jalan-jalan
Olahraga dengan jalan kaki, jalan-jalan atau jalan cepat di pagi hari, selain murah juga sangat baik untuk jantung. Karena jalan sehat atau jalan cepat bisa meningkatkan detak jantung dan menurunkan risiko serangan jantung apabila rutin dilakukan. Selain itu, jalan sehat ini juga bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol yang baik, menurunkan tekanan darah, meningkatkan mood serta tentunya menjaga berat badan

2. Berlari
Sebenarnya sama juga dengan olahraga jalan sehat yang murah dan menyehatkan, berlari pun juga baik untuk kesehatan jantung. Olahraga berlari dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan jantung. Selain itu, olahraga ini juga dapat mengurangi jumlah lemak yang ada di sekitar jantung dan pembuluh darah.
3. Aerobik
Olahraga jenis ini dapat membantu melatih otot jantung agar semakin kuat ketika berolahraga. Gerakan-gerakan pada aerobik ini juga dapat membuat jantung memompa darah secara lebih efisien. Karena itu, dengan kita melakukan aerobik akan membantu menguatkan otot jantung sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dan terlindungi dari penyakit.
4. Berenang
Olahraga jenis ini dapat menurunkan tingkat stres. Seperti kita ketahui bahwa stres juga dapat membahayakan jantung karena dapat meningkatkan kerja dan detak jantung kita. Selain itu, dengan berenang seseorang dapat menggerakkan seluruh otot, yang mungkin sebelumnya tak pernah atau jarang digerakkan sama sekali.
5. Bersepeda
Penyakit jantung sebenarnya banyak menghinggapi orang yang geraknya terbatas dan cenderung pasif, mengapa? Karena salah satu sebabnya adalah apabila tubuh kurang bergerak, apalagi kurang berolah raga, otot-otot tubuh akan cenderung pasif dan lemas. Demikian juga halnya yang terjadi dengan otot jantung menjadi lemah dan tidak terbiasa dengan aktifitas tiba-tiba padat.
Olahraga bersepeda adalah salah satu cara untuk mengolah fisik kita dengan cara yang menyenangkan dan agar tubuh bergerak. Bersepeda juga bisa dilakukan oleh orang segala usia. Serta alasan utamanya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan paru-paru. Dengan bersepeda secara teratur akan menurunkan risiko masalah jantung seperti stroke, serangan jantung dan lainnya.
Itulah beberapa cara untuk mendapatkan jantung sehat dengan 5 jenis olah raga yang sebaiknya kita lakukan jika ingin mendapatkan jantung yang sehat. Namun patut diingat bahwa sebaiknya tidak melakukan olahraga secara berlebihan, karena juga bisa berimbas buruk bagi kesehatan jantung. Dengan melakukan olahraga di atas secara teratur akan melindungi jantung kita dari berbagai macam masalah dan penyakit. Jadi secara teratur dan tidak berlebihan dalam melakukan olahraga untuk kesehatan jantung.


Disclaimer: All images, designs or videos in this page are copyright of their respective owners. We don't own have these images / designs / videos. We collect them from search engine and other sources to be used as ideas for you. No copyright infringement is intended. If you have reason to believe that one of our content is violating your copyrights, please do not any legal action. You can contact us directly to be credited or have the item removed from the site. Thank You.


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top